10 Fakta Menarik Tentang Korea Utara yang Jarang Diketahui

Saturday, March 18, 2017


Setiap negara pasti miliki karakteristik yang berbeda dengan negara lainnya. Seperti halnya Australia memiliki kanguru dan cuaca panas, Inggris memiliki Big Ben dan secangkir teh, dan Italia memiliki pizza dan espresso. Lantas, bagaimana dengan negara Korea Utara? 

Korea Utara, di sisi lain telah menjadi negara terselubung dalam rahasia selama bertahun-tahun. Tapi seiring waktu, banyak hal-hal aneh telah muncul tentang negara satu ini. Singkatnya, Korea Utara telah dikenal sebagai negara yang dasarnya melakukan apapun yang mereka inginkan, terlepas apakah itu baik atau tidak untuk kepentingan rakyatnya.

Saat ini Korea Utara dipimpin oleh Kim Jong-un (putra dan cucu dari pemimpin negara sebelumnya). Korea Utara adalah negara yang banyak dianggap sangat berbahaya karena pengujiannya baru-baru ini soal rudal dan mengejar senjata nuklir.  Secara keseluruhan, Korea Utara adalah negara yang selalu mengejutkan seluruh dunia. Berikut 10 fakta menarik sekaligus mengejutkan tentang Korea Utara, yang jarang diketahui orang banyak.

10. Korea Utara miliki kalender sendiri

Korea Utara memiliki kalender sendiri, Kalender tersebut terhitung dari kelahiran pendiri pemimpin Korea Utara, Kim Il Sung.  Kim lahir pada tahun 1912, yang dikenal di Korea Utara sebagai tahun (Juche) 1. Jadi secara global sekarang tahun 2017, tapi di Korea Utara sekarang baru tahun (Juche) 106. 

Kata Juche sendiri artinya bukan tahun, melainkan sejenis paham yang baru dan dibuat oleh Kim Il Sung. Ideologi ini mengandung maksud pemimpin itu adalah Tuhan.

9.Tidak ada perayaan ulang tahun di tanggal tertentu

Tidak hanya kalender, ternyata ada perayaan ulangtahun yang tidak boleh dirayakan. Di Korea Utara, rakyat dilarang untuk merayakan ulang tahun pada tanggal 8 Juli dan 17 Desember. Hal tersebut lantaran, pada tanggal tersebut merupakan tanggal wafat para pemimpin negara. masing-masing Kim Il-sung dan Kim Jong-il. 

Lebih dari 100.000 orang Korea Utara memindahkan tanggal ulang tahunnya menjadi 9 Juli atau 18 Desember untuk menghindari tanggal-tanggal tersebut. Seseorang yang lahir pada tanggal 8 Juli sebelum 1994 dapat mengubah hari ulang tahunnya, dengan pengakuan resmi.

8.Warga hanya memiliki sedikit akses untuk membuka situs.

Tentu bukan hal awam lagi, jika internet sudah memiliki jutaann domain situs. Tapi, bagi warga Korea Utara, mereka hanya dapat menggunakan beberapa situs website saja. Ya, warga Korea Utara hanya dapat mengakses 28 situs website saja, tidak lebih. 

7.Pria muda disuruh mengikut gaya rambut pemimpin mereka

Kim Jong-un, selain memiliki reputasi sebagai salah satu pemimpin paling kejam di dunia , juga diakui untuk gaya rambutnya yang sangat tidak biasa. Namun, dia ingin menjadi satu-satunya orang dengan gaya rambut terbaik. Aneh bukan?

Anehnya lagi, pemimpin satu ini memberikan aturan terkait potongan gaya rambut untuk pria muda di Korea Utara. 
Masih belum jelas, bagaimana aturan ketat ini berjalan. 

6. Mereka memiliki sebuah kota palsu, yang berbatasan dengan Korea Selatan.

Di zona demiliterisasi antara Korea Utara dan Korea Selatan terletak sebuah kota yang tampaknya baik, dengan segala sesuatu yang Anda harapkan untuk melihat, seperti rumah, sekolah, rumah sakit dan toko-toko. Masalahnya adalah ... tampaknya tidak ada yang benar-benar tinggal di sana. Wilayah itu bernama 'Peace Village' di Korea Utara.

Misteri masih menyelimuti kota ini, tapi beberapa laporan menunjukan bahwa kota ini hanya dimaksudkan untuk menunjukkan Korea Selatan, "betapa kehidupan fantastis di Korea Utara dapat dijuluki sebagai'Propaganda Village' oleh seluruh dunia.

5. Penggemar dibawa untuk menyemangati tim nasional selama Piala Dunia 2010

Ini terkenal sulit untuk meninggalkan Korea Utara bahkan untuk berlibur. Akibatnya, banyak orang berpikir hal itu adalah aneh, lantaran ribuan warga Korea Utara muncul untuk mendukung negara mereka selama Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan berlangsung. Tapi, seperti yang bisa Anda tebak, ada penjelasan yang lebih licik. Telah dilaporkan bahwa, penggemar tersebut benar-benar aktor Cina yang dibayar oleh Korea Utara untuk menjadi seperti patriotik selama Piala Dunia berlangsung.

4. Presentasi yang sangat kecil terkait jalanan beraspal.

Mereka mungkin memiliki stadion terbesar di dunia dengan kapasitas 150.000, tetapi sebaliknya, kurang dari 3% dari jalan di Korea Utara diaspal dengan aspal.

3. Mereka memegang "pemilihan"

Korea Utara tidak mengadakan pemilihan setiap lima tahun. Tentu, Anda hanya memiliki satu pilihan untuk memilih (dan bahkan tidak berpikir tentang tidak suara sama sekali), tapi setidaknya ada ilusi demokrasi. Ini aman untuk mengatakan pemimpin tertinggi Kim Jong-un wajah harfiah tidak ada oposisi.

2. Sebuah sutradara Korea Selatan diculik dan dipaksa untuk membuat film

Kisah tentang seorang sutradara dan aktris terkenal yang diculik oleh Korea Utara dan dipaksa untuk membuat film untuk Kim Jong-il yang pegila film, terdengar sangat aneh dan tidak masuk di akal.

Tindakan itu tampaknya merupakan sebuah solusi yang sederhana. 
Hal ini rupanya menimpa pasangan suami istri asal Korsel yang dipaksa membuat film selama delapan tahun di Korea Utara sebelum akhirnya mereka kabur. Dia adalah
Shin Sang-ok dan istrinya Choe Eun-hui 

1. Peraturan "Tiga Generasi Dapatkan Hukuman"

Mengerikan, jika seseorang dalam keluarga Anda melanggar hukum dan dikirim kepenjara, maka hubungan Anda dengan si pelaku dapat menarik Anda pada nasib yang sama. Di mata kepemimpinan, jika Anda seorang pelanggar hukum (kemungkinan besar tahanan politik) maka seluruh keluarga Anda juga ikut dicebloskan ke penjara. Termasuk kakek-nenek Anda, orang tua, dan anak-anak. Ini "tiga generasi hukuman" aturan dimulai oleh Kim Il-sung kembali pada 1950-an.





No comments:

Post a Comment